Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembelajaran Orang Dewasa di PPTQ Tarbiyatul Ummah Sukoharjo


 Ilmu adalah jalan cahaya. Ia adalah petunjuk didalam gelap gulita kehidupan. Maka bisa dikatakan secara sederhana, setiap insan memerlukan ilmu. Kehidupan begitu keras dan gelap gulita. Ia akan memperlakukan siapapun dengan keras. Dan dunia akan membuat seseorang mudah tersesat tanpa ilmu.

Ilmu adalah sebaik-baik bekal kita semua menyusuri lekuk jalan kehidupan. Jadi ia adalah hajad setiap orang yang memahami kebutuhan menyusuri jalan kehidupan. Bagi yang memahami, bersusah-susah membekali diri dengan ilmu adalah sebuah kewajaran. Dan memang itulah jalannya. Tanpa ilmu, seseorang hanya akan bertemu jalan tanpa ujung, atau kebuntuan berkepanjangan.

Cara belajar Orang Dewasa

Anak-anak belajar dengan bermain. Mereka mengeksplorasi diri dan lingkungan untuk menemukan jawaban dari banyak pertanyaan di fikirannya. Dan sesekali mereka memang harus di ajari, diarahkan dan ditunjukkan. Peran pendidik menentukan kualitas pencapaian anak-anak tersebut.

Lain halnya dengan anak-anak. Orang dewasa belajar dengan cara berbeda. Mereka lebih serius, karena dalam diri mereka sudah ada pengalaman. Bahkan sudah banyak informasi pengetahun yang tersimpan dalam pemahamannya. Orang dewasa belajar dengan melakukan serangkain langkah belajar sistematis yang disebut dengan paedagogis. Mereka mendapatkan pemahaman baru dengan membaca, interaksi belajar, diskusi, observasi, meneliti dan kemudian mengkaji nya dengan metode ilmiah.  

 

Posting Komentar untuk "Pembelajaran Orang Dewasa di PPTQ Tarbiyatul Ummah Sukoharjo"